Ekowisata sebagai Wujud peningkatan Ekonomi Masyarakat Sekitar

Daerah pariwisata merupakan daerah yang dapat berpengaruh besar terhadap peningkatan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai adat, budaya dan norma-norma agama serta menjaga kelestarian, keindahan alam setempat. 

Danau situterate yang terletak di Desa Situterate Kec. Cikande Kab. Serang - Banten, dulu hanya sebuah danau yang dipenuhi dengan tanaman eceng gondok. Fungsi danau tersebut untuk mengairi pesawahan masyarakat disekitar danau, kini setelah berubahnya lahan persawahan menjadi bangunan-bangunan Pabrik, fungsi danau yang dulu hanya mengairi sawah-sawah masyarakat berubah menjadi tempat wisata alam.

Danau yang terletak antara Kantor Desa Situterate (Sebelah Timur) dan SMAN 1 Cikande (Sebelah Barat) memiliki luas 27 hektar yang  kini dijadikan Ekowisata situterate, pembangunan yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Serang (Pemkab Serang), kini hampir mencapai akhir,  walaupun masih ada beberapa bagian yang belum diwujudkan, kemungkinan pembangunan yang belum terlaksana tersebut akan dilakukan secara bertahap. Wahana permainan seperti bebek-bebekan dan satu unit perahu sudah mulai bisa digunakan. Para pengunjung dengan menyewa seharga Rp. 10.000;/15 menit sudah dapat menikmati keindahan alam disekitar danau, penyewaan bebek-bebekan dan perahu dikelola oleh pihak Desa Situterate.

Adanya ekowisata di wilayah kec. Cikande diharapkan dapat menjadi wujud kepedulian Pihak pemerintah dan masyarakat terhadap pelestarian alam, adat dan budaya setempat. Wilayah Kec. Cikande merupakan wilayah padat industri, aktifitas masyarakatnya  kebanyakan sebagai buruh pabrik. Kehadiran ekowisata yang tidak jauh dari lingkungan masyarakat dapat menjadi alternatif wisata yang lebih mudah dijangkau dan sesuai dengan budget, selain itu dapat memberikan ketenangan dan kesegaraan alam yang dapat mengusir kepenatan dari aktifitas keseharian.

Peningkatan ekonomi masyarakat setempat

Definisi ekowisata yang pertama diperkenalkan oleh organisasi The Ecotourism Society (1990) sebagai berikut : ” Ekowisata adalah suatu bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat ” .

Dari definisi ekowisata tersebut, keberadaan ekowisata di Desa Situterate, tentunya dapat berpengaruh besar terhadap peningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, selain sebagai sarana pemanfaatan alam dari danau situterate, dapat juga dijadikan sarana untuk pemberdayaan masyarakat sekitar, kegiatan ekowisata lebih mengutamakan usaha-usaha dalam skala kecil dan menekankan pada kepentingan pelestarian lingkungan dan sosial masyarakat setempat. Sehingga masyarakat yang belum memilki pekerjaan dapat berkecimpung dalam kegiatan ekowisata tersebut. Dengan adanya ekowisata, masyarakat sekitar dapat memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Demi tercapainya peningkatan ekonomi masyarakat dalam pengelolaan ekowisata ada beberapa aspek yang harus diterapkan, yaitu

Jumlah pengunjung terbatas atau diatur supaya sesuai dengan daya dukung lingkungan dan sosial-budaya masyarakat

Menerapkan pola wisata ramah lingkungan

Menerapkan pola wisata ramah budaya dan adat setempat

Memberikan dampak secara langsung terhadap peningkatan perekonomian masyarakat setempat

Tidak memerlukan modal yang besar untuk pembangunan infrastruktur pendukung

Keterlibatan masyarakat setempat dalam menjaga keberlangsungan ekowisata sangat berpengaruh besar, terutama dalam pelestarian lingkungan yang tidak mungkin dijaga tanpa partisipasi aktif masyarakat setempat.

Prinsip penyelenggaraan wisata secara konservasi yang sesuai dengang Undang-Undang No.10 /2010  tentang Pariwisata, yaitu, selain memberi manfaat untuk kesejahteraan masyarakat, keadilan, kesetaraan dan proposionalitas serta  menjunjung tinggi norma agama dan nilai budaya sebagai pengejawantahan dari konsep hidup dalam keseimbangan hubungan antara manusia dan Tuhan Yang Esa, hubungan antara manusia, dan hubungan manusia dan lingkungan.
Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar